Berita

17 Atlet Asahan Bakal Perkuat Sumut di PON 2020

FaseBerita.ID – Sebanyak 17 atlet, putra putri pejuang olahraga terbaik dari Kabupaten Asahan dipastikan akan membela kontingen Sumatera Utara (Sumut) pada Pekan Olahraga Nasional (PON) yang akan bergulir tahun 2020 di Papua.

Adapun jumlah 17 atlet tersebut bakal bertambah mengingat ada dua cabang olahraga lain yakni Pencak Silat dan Tarung Derajat yang juga diperkuat atlet Asahan akan melaksanakan Pra PON sebagai babak kualifikasi sebelum mengikuti PON.

Hal tersebut, dikatakan oleh Ketua Komite Nasional Olahraga Indonesia (KONI) Kabupaten Asahan Nurkarim Nehe, melalui Zainal Arifin Siagian selaku Ketua Satlak Asahan Emas saat diwawancarai wartawan, Selasa (12/11/2019).

“Hasil Porwil Sumatera di Bengkulu tanggal 2-9 Nopember kemarin kita positif meloloskan 13 atlet dari total 15 atlet dari Asahan. Itu, ditambah Kejurnas yang dibuat masing masing cabor yakni 2 atlet tenis meja, 1 atlet hoki dan 1 atlet polo air jadi jumlah seluruhnya ada 17 atlet sementara ini yang dari Asahan memperkuat Sumut di PON Papua 2020,” kata Zainal.

Lebih jauh Zainal menambahkan seluruh atlet Asahan yang memperkuat  cabornya masing masing dari cabang Sepakbola, Bulutangkis, Tinju, Atletik, Tenis Meja, Hoki dan Polo Air.

Data sementara 17 atlet Asahan yang lolos di PON Papua ini dikatakan Zainal kenaikannya cukup signifikan dan hampir 50 persen jika dibandingkan pada PON 2016 lalu di Jawa Barat, dimana hanya ada 13 atlet Asahan yang memperkuat Sumut.

“Kalau di Porwil Sumatera Bengkulu kemarin, kita (Asahan) menjadi penyumbang atlet terbanyak setelah kota Medan,” tambahnya.

Demikian, KONI Asahan juga optimis lewat Pra PON dua cabor lainnya yakni Tarung Derajat dan Pencak Silat diperkirakan Asahan masih berpeluang untuk menambah delegasi atlet yang diutus dari Bumi Rambate Rata Raya untuk memperkuat Sumut.

“Kita tunggu ini hasil pencak silat yang sedang melaksanakan Kejurnas dan Tarung Derajat. Asahan mudah mudahan bisa menambah kekuatan atlet untuk Sumut di PON Papua,” tambahnya. (per/rah)



Unefa

Pascasarjana
Tags
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker