Berita

160 Kg Ganja Diamankan Polisi Tapsel

FaseBerita.ID – Tim Huraba Anti Bandit Polres Tapanuli Selatan, Kamis (27/2) siang dilanjutkan pada Jumat (28/2) dini hari ini turun ke Kota Padangsidimpuan. Mereka melakukan penyisiran peredaran narkoba di Kota Padangsidimpuan. Terakhir, sebanyak 160 kilogram ganja berhasil diamankan dari wilayah Kampung Darek, Kecamatan Padangsidimpuan Selatan.

Awalnya pada Kamis siang, ada 11 laki-laki dan seorang perempuan yang diamankan 30 personil polisi yang turun saat itu, dari kawasan Kampung Darek, Kecamatan Padangsidimpuan Selatan. Wilayah Hukum Polres Kota Padangsidimpuan.

Tim yang dipimpin Iptu Amron Manullang dan Iptu Aswin itu mengamankan barang bukti 1.021 amp ganja dalam bentuk paketan dan siap edar, serta satu kilogram ganja bungkusan besar. Kemudian sabu seberat 31,90 gram yang dibungkus dalam 7 paket besar serta sebanyak 10 alat hisap bong yang merupakan olahan dari botol air minuman. Juga uang senilai Rp900 ribu.

Pengedar yang diamankan beserta barang bukti 7 zak sabu yakni AES (27), merupakan warga Gang Dame, Kampung Darek, Padangsidimpuan Selatan. Selanjutnya, ada ZN (26), AS (39), PS (40), REL (27), PD (24), DI (27), HS (20), RZ (43) dan LP (20). Semuanya warga Kota Padangsidimpuan dan nama terakhir ini merupakan perempuan. Dua lainnya, AS (21) warga Sipirok dan IH (35) warga Batang Onang.

Selanjutnya pada Jumat dini hari, Tim Huraba Anti Bandit Polres Tapsel semakin menjadi-jadi mengejar pelaku peredaran narkoba yang ada di wilayah hukum Polres Kota Padangsidimpuan. Ada sebanyak 160 kilogram ganja siap edar yang diamankan dari kebun karet warga di Kampung Darek, Kecamatan Padangsidimpuan Selatan, Kota Padangsidimpuan. Dan diklaim hasil pengembangan dari penangkapan sehari sebelumnya itu.

Pengembangan Curanmor

Penyisiran dan penangkapan terhadap pelaku peredaran narkoba di Kampung Darek, Gang Dame, Kelurahan Wek VI, Kecamatan Padangsidimpuan Selatan, Kota Padangsidimpuan merupakan pengembangan dari kasus pencurian kendaraan bermotor yang terjadi Kecamatan Padangbolak, Kabupaten Padanglawas Utara. Wilayah Hukum Polres Tapsel.

“Iya itu hasil dari pengembangan kasus pencurian sepedamotor yang pelakunya ada kaitannya dengan peredaran narkoba di situ (Kampung Darek),” jelas Kasubbag Humas Polres Tapsel Iptu Alpian Sitepu.

Curanmor itu sendiri terjadi pada Jumat, 4 Oktober 2019 lalu. Saat itu sekitar pukul 19.30 Wib, korban bernama Borkat Hutasuhut yang sedang berada di Kelurahan Batang Baruar, Kecamatan Padangbolak. Tepatnya di depan sebuah warung milik Pagar Alam Pulungan, sedang sedang asyik menelepon dengan ponselnya.

Kemudian sepedamotor milik Borkat jenis Honda CBR dibawa kabur oleh seorang yang belakangan diketahui sebagai S Lubis.

Disinyalir, sepedamotor curian itu ditukar dengan narkoba dari Kampung Darek. Dan Huraba Anti Bandit ini kemudian memburu pelaku yang terlibat, sekaligus menangkap para warga yang terlibat narkoba di dalam kampung tersebut. (san)

Asner Idul Fitri

Pasca Sarjana USI

Mahasiswa Unefa

Tags
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close