Berita

15 Januari, KPU Labuhanbatu Mulai Rekrutmen PPK dan PPS

FaseBerita.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Labuhanbatu segera melaksanakan rekrutmen calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020. Tahapan perekrutan PPK, dimulai 15 Januari hingga 14 Februari 2020.

Ketua KPU Kabupaten Labuhanbatu Wahyudi S.sos MM mengatakan, rekrutmen PPK dan PPS dilakukan sesuai tahapan Pilkada serentak tahun 2020 mengacu PKPU Nomor 16 tahun 2019 perubahan atas PKPU Nomor 15 Tahun 2019 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggara Pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali KOTA, dan surat ketua KPU RI no 12 tertanggal 10 Januari 2020 perihal pembentukan PPK dalam Pilkada serentak 2020.

“Sesuai tahapan, rekrutmen calon anggota PPK dilaksanakan pada 15 Januari hingga 14 Februari 2020. Untuk itu KPU Labuhanbatu mengajak semua lapisan masyarakat Labuhanbatu yang sudah memenuhi syarat untuk berpartisipasi terlibat aktif dalam pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2020,” kata Wahyudi kepada wartawan, Senin (13/1/2020) di Rantauprapat.

Setelah perekrutan calon anggota PPK, kemudian dilanjutkan dengan rekrutmen anggota PPS tingkat Desa atau Kelurahan. Tahapan tersebut dimulai pada 15 Februari sampai 14 Maret 2020.

“Setelah rekrutmen PPS selesai, akan dilanjutkan proses rekrutmen Kelompok Penyelenggara Panitia Pemungutan Suara (KPPS) di Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang berlangsung 21 Juni sampai 21 Agustus,” sambungnya.

Dalam perekrutan, pihaknya memastikan telah melalui mekanisme aturan yang ada. Diantaranya memenuhi persyaratan sesuai ketentuan yang nantinya akan diumumkan, serta dapat ditanyakan langsung ke KPU terkait perlengkapan persyaratan.

Diantaranya, tidak terlibat dalam partai politik dalam kurun waktu minimal 5 tahun. Kemudian, belum pernah menjabat 2 periode berturut-turut sebagai anggota PPK.

“Untuk itu KPU Labuhanbatu membuka dan memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi masyarakat untuk berpartisipasi dalam penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati. Salah satunya dengan mengikuti tahapan perekrutan PPK, PPS maupun KPPS,” pungkasnya. (bud)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button