Berita

14 Remaja Diamankan Saat Ngelem

SIBOLGA, FaseBerita.ID – Petugas Satpol PP Sibolga mengamankan 14 remaja yang lagi asyik mengisap lem di kawasan Jalan Ahmad Yani, Kelurahan Pasar Belakang, tepatnya di belakang Hotel Rapi, Rabu (30/10/2019). Ke-14 remaja tersebut kemudian digelandang ke Kantor Satpol PP guna dilakukan pembinaan.

Kasatpol PP Sibolga Singkat Sijabat yang dikonfirmasi melalui Sekretarisnya Faisal Fahmi Lubis mengatakan, pihaknya telah menyita barang bukti berupa lem berkemasan kaleng dan beberapa kantong plastik yang biasa digunakan para pecandu sebagai wadah mengisap lem. “Saat anggota melakukan patroli di wilayah Kota Sibolga, ditemukan 14 remaja ini sedang asyik menghisap lem kambing berbentuk kaleng. Ada juga yang sudah siap dihisap dalam beberapa kantong plastik,” kata Faisal.

Dari data yang diperoleh petugas Satpol PP, di antara ke-14 remaja tanggung tersebut, diketahui masih berstatus pelajar. “Ada yang masih pelajar. Setelah diamankan, mereka kita giring ke Kantor Satpol PP untuk dilakukan proses. Kita data dan kita berikan pembinaan agar tidak lagi mengulangi perbuatannya,” terangnya.

Setelah itu, masih kata Faisal, mereka akan dipulangkan ke orangtuanya masing-masing. Setelah mereka membuat surat pernyataan tidak akan mengulang kembali perbuatan tersebut. “Sebelum menyerahkan ke orangutanya, kita juga membuat perjanjian dengan mereka. Kemudian kita panggil orangtuanya. Harapannya, mereka tidak mengulangi hal yang sama,” tukasnya.

Sekilas, Faisal mengaku tidak punya kendala besar dalam melakukan penetiban terhadap anak-anak yang suka memakai lem kambing. Namun untuk perilaku yang di luar batas kewajaran, maka pihaknya akan melibatkan pihak kepolisian. “Kalau untuk yang ngelem begini, kita masih bisa tangani. Kalau untuk perilaku di luar batas, kita tidak segan-segan akan menyerahkannya ke polisi,” tegasnya.

Amatan, sebelum diserahkan ke orangtuanya masing-masing, sejumlah remaja tersebut terlebih dahulu menjalani pembinaan mental. (ts)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button