Berita

14 Etnis Ditampil pada Karnaval Mobil PSBD di Asahan

FaseBerita.ID – Warga Kota Kisaran antusias menyambut karnaval mobil hias lintas etnis pasca dibukanya Pekan Seni Budaya Daerah (PSBD) 2019 oleh Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, kemarin.

Menyemarakkan pesta budaya itu, karnaval lintas etnis dan budaya diikuti sedikitnya 14 etnis yang ada di Kabupaten Asahan dengan beragam mobil hiasan rumah adat sampai tarian, pada Sabtu (23/11/2019).

Seluruh etnis ini menampilkan pertunjukan terbaik mereka dalam karnaval itu dan berkeliling kota Kisaran dengan mobil hias yang dibentuk menyerupai rumah adat hingga atraksi musik dan tari.

“Wah iya baru tau rupanya ini ada pembukaan PSBD hari ini,” kata Ratih warga Kisaran yang menyaksikan karnaval itu saat melintasi di Jalan Sisingamangaraja.

Bayu Saputra, salah seorang warga etnis Jawa di Asahan mengaku berbangga hati Pemkab memfasilitasi pekan seni budaya ini. Menurutnya ini menjadi simbol dan edukasi bagi masyarakat etnis perantau yang ada di Asahan untuk kembali mengingat dan kenal budaya mereka.

“Ini acara yang ditunggu tunggu semua etnis. Kita bisa belajar kembali tentang budaya masing masing,” ucapnya.
Kabid Media Cetak dan Elektronik Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Asahan, Arbin Ariadi Tanjung mengatakan, setiap harinya hingga tanggal 6 Desember 2019 mendatang 14 etnis akan menunjukkan kreasi seni budaya mereka secara bergantian.

Adapun jadwal penampilan etnis secara estafet, etnis Karo Sabtu 23 Nopember, etnis Batak Toba Minggu 24 Nopember, etnis Nias Senin 25 Nopember, etnis Jawa Selasa 26 Nopember.

Kemudian etnis Aceh pada hari Rabu 27 Nopember, etnis Tabagsel hari Kamis 28 Nopember 2019, etnis Tionghoa Jumat 29 Nopember, Etnis India Sabtu 30 Nopember, etnis Minang Minggu 1 Desember, etnis Sunda Senin 2 Desember, etnis Banjar Selasa 3 Desember, etnis Simalungin Rabu 4 Desember dan etnis Melayu Kamis 5 Desember. (Per)

Tags

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close