Berita

133 Panwas Kota Pematangsiantar Dinonaktifkan Sementara

FaseBerita.ID – Pengawas Kecamatan dan Kelurahan di kota Pematangsiantar untuk sementara dinonaktifkan. Berdasarkan surat edaran Bawaslu RI Nomor 0252 terhitung per tanggal 31 Maret 2020 Pengawas Ad Ad Hoc  untuk sementara dinonaktifkan sampai waktu yang tidak ditentukan.

Penonaktifan ini diambil sebagai salah satu kebijakan strategis Bawaslu RI guna mendukung kebijakan pemerintah RI yang sangat serius menangani pencegahan persebaran virus Corona.

Ketua Bawaslu Siantar Safi’i Siregar saat dikonfirmasi media ini menjelaskan terdapat 24 pengawas kecamatan, 56 pengawas Kelurahan, 53 PKD jadi totalnya 133 orang yang di nonaktifkan sementara.

“Kita sangat mengapresiasi niat dan tindakan baik dari para pengawas Ad Hoc yang mau ikut ambil bagian dalam proses demokrasi,” ujarnya.

Di jelaskan Safi’i penonaktifan sementara pengawas Ad Hoc ini adalah sebagai salah satu untuk memerangi wabah virus Corona dan mengurangi penyebaran virus Corona di wilayah masing-masing. Berdasarkan instruksi dari atas jadi Bawaslu daerah hanya mengikuti instruksi dari atas.

“Kita hanya mengikuti perintah dari atas (Bawaslu RI). Kerja kita tetap melakukan pengawasan meskipun tahapan di tunda,” ujarnya sembari mengatakan tetap melakukan pengawasan dengan memanfaatkan fasilitas informasi teknologi.

Saat di singgung media ini terkait anggaran Bawaslu apakah akan di kembalikan ke pemerintah kota Pematangsiantar. Safi’i mengatakan menunggu petunjuk dari pusat Bawaslu RI.

“Kan penundaan tahapan sudah kita lakukan berdasarkan surat edaran. Jadi Anggaran yang telah masuk ke rekening Bawaslu yaitu tahap 1 itu Rp 1 miliar, tahap 2 itu Rp 4 miliar jadi total yang sudah masuk sama kita Rp 5 miliar. Dan untuk pengeluaran yang telah kita gunakan itu masih dalam tahap di hitung,” ujarnya sembari mengatakan dari total kesepakatan anggaran ke Bawaslu itu Rp 5.989 miliar dan masuk ke rekening Rp 5 miliar jadi sisanya Rp 989 juta belum masuk. (Mag 04)

 



Unefa

Pascasarjana
Tags
Back to top button