Berita

13 Nakes Terpapar Covid-19, RSUD Gunungtua Ditutup

PALUTA, FaseBerita.ID– Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Gunungtua, Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) ditutup sementara setelah 13 tenaga kesehatan terkonfirmasi positif virus corona (Covid-19).

“Pelayanan di RSUD Gunungtua untuk sementara dialihkan ke puskesmas-puskesmas yang menyediakan ruang rawat inap,” Demikian disampaikan Juru bicara Tim Gugus Tugas Pemkab Paluta, Lairar Rusdi Nasution, Senin (5/10).

Kata Lairar, pelayanan di RSUD Gunungtua saat ini dihentikan sementara karena banyak tenaga kesehatan (nakes) yang terpapar Covid-19 setelah melakukan kontak erat dari pasien.

Dijelaskannya, saat ini Kabupaten Paluta sedang mengalami peningkatan kasus Covid-19 sehingga tim Gugus Tugas Pencegahan Penanganan Covid-19 Paluta menyelenggarakan rapat koordinasi di Kantor Bupati Paluta. Dan dalam rapat tersebut disimpulkan, pelayanan RSUD Gunungtua untuk sementara dialihkan ke puskesmas yang menyediakan rawat inap.

“Sebagai langkah tindaklanjut, Gugus Tugas Covid-19 Paluta memerintahkan agar pelayanan di RSUD Gunungtua dihentikan sementara waktu karena ada sejumlah tenaga kesehatannya terpapar Covid-19,” terangnya.

Lanjut Lairar, pasien rawat inap yang saat ini berada di RSUD Gunungtua dilakukan pemeriksaan. Apabila keadaan pasien sudah membaik akan dipulangkan. Sedangkan yang belum akan dirujuk ke puskesmas atau rumah sakit terdekat.

Dan bagi tenaga kesehatan yang terpapar Covid-19 dilakukan isolasi di RSUD sampai keluar hasil pemeriksaan swab.
Adapun data terbaru Tim Gugus Tugas Paluta per tanggal 5 Oktober 2020, yakni Suspec (0) probable (0) konfirmasi (29) sembuh (4) dan meninggal (1).

Terpisah, salah seorang nakes di Paluta saat dikonfirmasi membenarkan bahwa beberapa diantara mereka tenaga medis melakukan isolasi karena terpapar Covid-19 dari kontak erat pasien. “Kami sedang menjalani isolasi sambil menunggu hasil swab test,” jelas dr IN.(ais/fi)





Back to top button