Berita

12 Calon Tim Ahli DPRD Ujian Tertulis dan Wawancara

60 Menit untuk 60 Pertanyaan

SIMALUNGUN, FaseBerita.ID – Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) Universitas Simalungun (USI) melaksanakan seleksi ujian tertulis dan seleksi wawancara terhadap 12 calon tim ahli DPRD di Sekretariat DPRD Simalungun, Pamatang Raya, Kamis (6/2) sekira pukul 09.00 WIB.

Ujian seleksi tertulis dilaksanakan di ruang badan anggaran (Banggar) DPRD Simalungun dengan waktu 60 menit untuk menyelesaikan 60 soal pertanyaan.

Usai ujian tertulis, langsung dilakukan ujian wawancara diruang pimpinan DPRD Simalungun diuji oleh tiga panelis, yakni Dr Riduan Manik SH MH, Dr Anggiat Sinurat MSi, Dr M Ade Kurnia Harahap MT.

Ketua LPM-USI Marulam MT Simarmata saat dikonfirmasi, mengharapkan calon yang terpilih nantinya orang yang mumpuni memang orang Pakar atau ahli yang bisa memberikan solusi terbaik dari ide atau gagasan pikiran yang dimiliki.

“Harapan kita, tim ahli yang diseleksi oleh panelis dapat memberikan dan membantu pimpinan dan alat kelengkapan DPRD dalam rangka tugas dan fungsi DPRD sehingga berjalan dengan baik sehingga tujuannya daerah Simalungun ini lebih baik lagi kedepannya,” ujarnya.

Lanjut Marulam Simarmata, setelah panelis menentukan calon yang tepilih, hasil ujian tersebut akan disampaikan kepada Sekretariat Dewan DPRD untuk diumumkan hari ini, Jumat (7/2).

“Sesuai jadwal, hasil pengumuman seleksi Jumat (7/2) besok, setelah panelis memberikan assesmen. Kemudian diserahkan kepada Sekwan untuk diumumkan,” terangnya.

Salah seorang calon tim ahli, Januarison Saragih, saat dimintai tanggapannya usai mengikuti ujian wawancara, mengharapkan seleksi dilakukan tiap tahunnya.

“Ada kemajuan dari sebelumnya, karena dulunya ujian dilakukan oleh pejabat. Sekarang sudah dipihak ketigakan, sudah ada kemajuan, mudah-mudahan dilaksanakan ujian berkelanjutan, setiap tahunnya,” sebutnya.

Saat ditanyai pengalamannya saat diwawancarai oleh Panelis, Januarison Saragih mengatakan Tim Panelis memberikan pertanyaan tentang Filosofi yang ada di Simalungun dan ide, solusi menyelesaikan suatu tugas.

“Pertanyaan dari Panelis tadi mengenai Filsafat, Filosofi yang ada di Simalungun ini dan ide. Solusi kita untuk menyelesaikan suatu tugas. Kalau ujian tertulis tadi mengenai undang-undang,” ucapnya.

Ketua Tim Penguji Riduan Manik saat wawancarai disela-sela kegiatan, menjelaskan yang dibutuhkan oleh Pinalis yaitu tim ahli yang mengetahui tugas dan fungsi DPRD.

“Karena DPRD juga bukanlah profesi tapi supaya bisa menjadi unsur penyelenggara Pemerintah Daerah jadi jangan terjadi deadlock maka di situlah tim ahli menjadi penimbang dan juga memberi saran konkrit untuk bisa nyambung antara OPD dengan DPRD,” jelasnya. Riduan Manik berharap dengan dibuatnya seleksi tersebut, calon Tim ahli sudah diseleksi sesuai dengan latar belakang dan disiplin ilmu yang dibutuhkan oleh komisi-komisi.

“Jangan Tim ahli menjadi seolah-olah pejabat politik, mereka harus benar-benar independenlah,” tandasnya. (Mag-05)

Adapun nama-nama 12 calon Tim Ahli DPRD Simalungun yakni:

  1. Abdul Razak Siregar SPd MM
  2. Dadang Pramono SP
  3. Dr Hisarma Saragih MHum
  4. Januarison Saragih SHMH
  5. Ir. John Sabiden Purba MM
  6. Kurpan Sinaga SH
  7. Masdin Saragih SH MH
  8. Drs Rikanson Jutamardi Purba AK
  9. Sepri Ijon Maujana Saragih SH MH
  10. Tagor Siahaan SH
  11. Tuahman Sipayung SE MSi
  12. Drs Wilson Simanihuruk

Tags

Berita lainnya

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close