Berita

109 Calon Kepala Desa Sepakat Pilkades Damai

HUMBAHAS, FaseBerita.ID – Sebanyak 109 orang calon kepala desa di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) sepakat untuk menjaga kedamaian demi suksesnya pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa ( Pilkades) serentak di daerah itu. Mereka adalah para calon kades dari 40 desa yang akan mengikuti kontestasi Pilkades serentak 2019 yang akan digelar pada 14 Oktober mendatang.

Kesepakatan tadi ditandai dengan penandatanganan kesepakatan damai yang dilaksanakan di Pendopo, Kompleks perkantoran Bukit Inspirasi, Rabu (9/10/2019) melibatkan calon kepala desa,,BPD, Kepala Desa, Ketua PPKD, serta Forkopimda, Ketua DPRD Humbahas dan Bupati Humbahas.

Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor mengatakan, seluruh masyarakat agar ikut serta berperan dalam mensukseskan Pilkades sesuai dengan peraturan yang berlaku agar demokrasi berjalan sukses, damai dan berkwalitas.

“109 calon kepala desa harus tetap memberikan yang terbaik dalam pelaksanaan Pilkades. Demikian juga PPKD agar tetap menjalankan tugasnya untuk mengurangi potensi terganggunya pesta demokrasi di tingkat desa,” Kata Dosmar.

Ketua DPRD Sementara Ramses Lumbangaol mengatakan bahwa Pemilihan kepala desa merupakan perhalatan penting. Karenanya, dengan diadakannya penandatangan pelaksanaan Pilkades damai.maka akan didapatkan yang berkwalitas.

Lebih lanjut, Ramses menjelaskan, perbedaan pilihan adalah hal yang biasa dalam berdemokrasi. Masyarakat harus mengedepankan sisi kekeluargaan. Dia berpesan, untuk pelaksanaan Pilkades seyogianya mengedepankan ‘dalihan natolu’ sebagai falsapah bermasyarakat agar tetap rukun dan damai.

”Tentu, Pilkades harus menjaga independensinya,” ujar Ramses. (sht/osi)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button