Berita

102 Pesawat ‘Ngandang’ di Bandara Soekarno-Hatta

FaseBerita.ID – PT Angkasa Pura (AP) II menyatakan, terdapat 102 pesawat yang menganggur di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Apa tanggapan Lion Air Group, sebagai salah satu maskapai dengan slot terbang terbanyak di Indonesia?

Presiden Direktur Lion Air Group Edward Sirait mengakui, memang ada pesawat yang ‘menganggur’ di bandara. Namun, armada tersebut disiapkan untuk rotasi armada yang beroperasi.

“Bukan berarti dia diam saja. Tapi dalam rangka melayani 400 flight itu, kami ganti-ganti. Tukar-tukar (rotasi) kan,” ujarnya ketika wawancara khusus dengan JawaPos.com, Senin (3/8).

Armada yang dinilai sudah perlu perawatan akan dikandangkan sementara, dan diganti dengan armada yang sudah siap terbang. Edward menuturkan, Lion Air Group sendiri saat ini punya 40 armada yang tidak dioperasikan.

Lesunya bisnis aviasi akibat Covid-19 juga menjadi salah satu penyebab saat ini lebih banyak armada yang dikandangkan. “Paling sekitar 30-40 pesawat yang dikatakan mungkin dia dalam keadaan masih perawatan, dia berhenti,” ungkapnya.

Seperti diketahui, Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin menjelaskan, akibat pandemi Covid-19, beberapa pesawat terpaksa tidak beroperasi.

“Di Bandara Internasional Soekarno-Hatta saja, ada 102 pesawat yang di-grounded (tidak dioperasikan). Maskapai belum menerbangkan dengan segala latar belakang, ‘demand’ (permintaan) belum (meningkat), perlu ‘maintenance’, ada persoalan mitranya,” katanya dikutip dari Antara, Kamis (16/7). (JP)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button