Berita

1.458 Rumah Dapat Program Hibah Air Minum

SIANTAR, FaseBerita.ID – Berdasarkan hasil verifikasi yang dilakukan oleh consultan, Kementerian PUPR menyetujui sekitar 1.458 rumah yang akan mendapatkan program hibah pemasangan air minum PDAM Tirta Uli.

Program hibah air minum ini merupakan program bantuan dari Kementerian PUPR dengan menyertakan modal sebesar Rp6 miliar kepada PDAM Tirta Uli Tahun Anggaran 2019. Penyertaan modal tersebut telah diserahkan dan ditenderkan untuk pengadakaan pengerjaan Hibah Air Minum.

Humas PDAM Tirtauli Rosliana Sitanggang membenarkan bahwa PDAM Tirta Uli Pematangsiantar mendapat jatah 1.458 rumah pemasangan air minum. “Pemasangan ini merupakan program Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Harga normal pemasangan air minum kan sebesar Rp1,5 juta. Tapi dengan adanya program ini, mereka yang telah lolos verfikasi hanya membayar Rp200 ribu,” ujar Rosliana.

“Jadi dengan hanya membayar Rp200 ribu, masyarakat menjadi terbantu dengan adanya program dari Kementerian PUPR ini,” jelas Rosliana.

Saat ditanya, siapa yang mensurvei rumah warga, Rosliana menegaskan bahwa yang menentukan masyarakat yang mendapat program hibah ini bukanlah dari pihak PDAM Tirta Uli, tapi pihak konsultan dari luar PDAM Tirta Uli.

“Ketentuan yang mendapat program hibah ini adalah, rumah dengan daya listrik di bawah 1.300 Watt. Kemudian rumah sederhana, rumah milik sendiri dan tidak memiliki barang mewah seperti Mobil, AC,” ujar Rosliana.

Diterangkan Rosliana, PDAM Tirta Uli akan mengeluarkan surat pemberitahuan kepada calon pelanggan Hibah Air Minum sesuai baseline hasil verifikasi untuk dapat melakukan pembayaran langsung ke kantor PDAM Tirutali di Jalan Porsea.

Tanpa surat pemberitahuan dari PDAM Tirta Uli, calon pelanggan MBR tidak dapat melakukan pembayaran.
Kepada calon pelanggan MBR yang telah mendapatkan pemberitahuan pembayaran, agar segera melakukan pembayaran mulai tanggal 25 Juli dan batas akhir sesuai tanggal yang tertera di surat pemberitahuan.

“Dingatkan kepada calon pelanggan agar langsung melakukan pembayaran ke kantor PDAM Tirta Uli Jalan Porsea sebesar Rp200 ribu ditambah materai 6000 satu lembar,” terangnya.

Ditegaskan juga bahwa pembayaran yang dilakukan di luar kantor PDAM Tirta Uli tidak menjadi tanggungjawab PDAM Tirta Uli dan untuk keterangan lebih lanjut dapat menghubungi call center (0622) 24017 atau 09116064448.

Saat ditanya, kapan dilakukan pemasangan air minum tersebut, Rosliana mengatakan akan dilakukan pada bulan Agustus dan September. Untuk itu, calon pelanggan diimbau agar segera melakukan pembayaran pemasangan baru dan pembayaran rekening di bulan Oktober dan November untuk diajukan pengembalian dana APBD ke Kementerian Keuangan pada bulan Desember. (mag04/des)



Unefa

Pascasarjana
Tags
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker