Berita

1.185 Peserta SKD CPNS Pemprovsu Gugur

FaseBerita.ID – Sebanyak 1.185 pelamar Calon Aparatur Sipil Negara (CPNS) formasi Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dinyatakan gugur, karena tidak hadir dalam ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang digelar mulai 3-11 Februari, baru lalu.

“Dari total 12.316 peserta ujian SKD, yang ikut 11.116 orang. Artinya terdapat pelamar yang absen sebanyak 1.185 orang. Otomatis mereka dinyatakan gugur,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Setdaprovsu, Afifi Lubis, menjawab wartawan, Senin (17/2).

Dia mengungkapkan, terdapat 70-an peserta SKD pada formasi CPNS 2019 yang mengikuti tahapan serupa di tahun ini. Dari jumlah tersebut, diketahui yang tidak hadir ada 15 orang, di mana kemungkinan menganggap nilainya sudah mencukupi passing grade.

“Mereka mungkin percaya diri tidak mengikuti SKD lagi, dan merasa cukup puas dengan nilai yang dicapai. Memang ada dua opsi tahun ini, yakni yang lulus passing grade tahun lalu diperbolehkan mengikuti ujian SKD,” katanya.

Mengenai hasil SKD dan pelaksanaan ujian Seleksi Kompetensi Bidang (SKB), pihaknya menunggu dari BKN pusat. Karena pihaknya hanya sebagai fasilitator dalam pelaksanaan rekrutmen CASN kali ini.

“Pada prinsipnya seluruh hasil dan data sudah semua kami serahkan ke BKN. Kita tunggulah perkembangannya nanti seperti apa,” katanya.

Yang terpenting, imbuh Afifi, peserta mesti percaya dengan diri sendiri terhadap proses yang telah dilakukan. Jangan mudah percaya dengan oknum yang mengaku dapat meluluskan peserta. Sebab semua tahapan dan mekanisme sudah dilakukan secara sistem online.

“Ya, kami mengimbau kiranya jangan percaya calo atau apapun namanya. Percaya dengan kemampuan diri masing-masing. Tidak ada yang bisa meluluskan peserta selain si peserta sendiri,” katanya. (prn/smg)

Unefa

Pascasarjana


Tags
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker