Cara Menggunakan Waffle Machine Untuk Menciptakan Cemilan Enak, Penasaran?

waffle dari roller grill waffle machine

Waffle tidak hanya cemilan yang bisa dimakan ketika sedang bekerja, nugas, atau kegiatan lainnya. Waffle juga bisa dijadikan opsi sarapan yang enak dan mengenyangkan perut, praktis dibuat dengan roller grill waffle machine. Tentu anda tidak boleh melewatkannya! 

Meskipun anda bisa mendapatkan waffle dengan mudah di kedai atau restoran, tentu akan lebih sehat jika bisa membuatnya sendiri di rumah. Selain itu juga bisa menghemat budget yang anda keluarkan. Anda bisa menggunakan waffle machine. 

Jika anda masih pemula dan bingung menggunakan mesin waffle, artikel berikut ini akan memberikan anda pemahaman mengenai bagaimana cara menggunakan mesin ini dengan baik dan benar. Penasaran? Berikut penjelasannya: 

  1. Siapkan Adonan Wafel Sesuai Selera Anda 

Hal pertama yang perlu anda siapkan ketika ingin mengoperasikan mesin waffle yaitu menyiapkan adonan sesuai dengan selera yang diinginkan. Adonan berperan penting dalam proses ini, jangan sampai anda melewatkannya! Jika anda ingin lebih simple bisa menggunakan adonan siap jadi yang dibeli di supermarket. 

Dalam membuat adonan tentu anda tidak boleh mengaduk terlalu lama karena gluten yang terbentuk akan semakin banyak. Dengan begitu, tekstur waffle anda akan lebih lebat daripada yang anda inginkan. 

Tambahkan minyak agar adonan yang anda buat tidak terlalu lengket di lempengan cetakan. Untuk memperkaya citarasanya anda bisa menambahkan ekstrak kayu manis, vanili, ataupun almond kedalam adonan waffle yang anda buat. 

  1. Panaskan Cetakan Waffle Yang Akan Digunakan 

Jika adonan yang diinginkan sudah dibuat dan siap untuk dipanggang. Selanjutnya panaskan mesin agar ketika adonan telah diletakkan tidak lengket pada lempengan logam pemanggang. Atur suhu panggangan sesuai dengan keinginan anda, entah rendah, sedang, maupun tinggi. 

Setelah cetakan waffle machine sedikit panas, anda bisa oleskan minyak atau mentega ke seluruh bagian cetakan agar ketika adonan dituang tidak akan lengket. Pastikan minyak yang dituang merata dan sudah panas. Barulah menuju step berikutnya! 

  1. Tuangkan Adonan Waffle 

Setelah cetakan dan minyak panas, anda bisa memasukkan adonan waffle yang telah dibuat tadi. Tuangkan pada kedua bagian sama rata dan pastikan keduanya terisi dengan penuh dan tidak berlebihan. 

Setelah dituangkan, selanjutnya tunggu sampai waffle kekuningan atau matang. Jika mesin waffle anda ada lampu otomatisnya, maka tunggu sampai berwarna hijau. Hal ini sudah menandakan bahwa waffle yang anda buat telah matang. 

Jika sudah matang angkat menggunakan spatula anti lengket dan tidak menggores. Jika anda menggunakan alat yang bisa menggores tentu akan membuat mesin anda cepat rusak dan tidak tahan lama. 

Sekian pembahasan mengenai cara menggunakan waffle machine dengan baik dan benar. Praktekkan cara tersebut agar mesin yang anda gunakan tidak cepat rusak dan hasil yang didapatkan maksimal. Jadi sudah siap untuk mencoba?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *