Rajin Melakukan Perawatan Pada Ice Cream Machine Untuk Mendapatkan Kinerja Maksimal

Ice cream machine yang Anda miliki bisa mengalami kerusakan kapanpu  walaupun kompenen yang digunakan simpel. Tidak hanya harus menjaganya agar selalu dalam kondisi yang baik tetapi juga dapat menjamin mesin untuk membuat es krim yang lebih sehat. Perawatan yang dilakukan juga tidak akan sulit karena hanya akan membutuhkan sedikit waktu Anda untuk melakukannya. Berikut ini beberapa cara melakukan perawatan pada mesin es krim yang tepat.

Bersihkan Bagian Food Grade Setelah Selesai Digunakan

Ketika sebuah industial ice cream machine selesai digunakan di dalam bagian distributor, seal valve, handle, baut press, oil seal, water receiver dan pin lock wajib selalu dibersihkan. Penting sekali hal tersebut dilakukan dengan teratur. Hal ini bertujuan agar nanti mesin es krim yang Anda punya tetap dalam kondisi higienis sehingga es krim yang dihasilkan aman dikonsumsi.

Terutama pada mesin yang tidak steril serta higienis akan berpengaruh ke dalam rasa es krim yang dihasilkan. Jadi, rutin saat melakukan penting untuk selalu Anda lakukan.

Bersihkan Bagian Kipas, Evaporator dan Beater Cooling Pada Mesin

Membersihkan bagian kipas atau bagian dalam pada mesin es cream akan begitu bermanfaat untuk membantu menghilangkan debu serta kotoran yang menempel. Banyaknya kotoran maupun debu yang menempel dapat membuat proses pendinginan dan pelepasan di dalam mesin es krim menjadi lebih pelan. Pastinya hal tersebut akan membiarkan produksi es krim menjadi terganggu karena pembuatnya dapat terjadi lebih lama.

Cara untuk membersihkannya juga bisa dilakukan dengan menggunakan kuas yang memiliki permukaan lembut supaya dapat menghilangkan debu secara perlahan. Bila akan melakukan pembersihan pada kipas ice cream machine atau bagian dalam lainnya harus dilakukan dengan hati-hati. Hal tersebut dikarenakan bagian tersebut pembersihnya haruns membuka bagian kaper mesin.

Jika, Anda merasa tidak yakin untuk melakukannya sendiri, maka Anda dapat meminta bantuan teknisi mesin yang ada di lokasi Anda membeli mesin tersebut.

Teratur Memberikan Grase Oil Pada Bagian Part

Grace oil tersebut menjadi pelumas khusus yang dibuat dari zat tumbuh-tumbuhan alami. Oleskan minyak grace tersebut dengan rutin pada bagian-bagian part yang bersentuhan langsung dengan adonan ice cream. Bagian ice cream machine maker seperti beater dan valve ring paling penting untuk dilumasi. Pelumas ini aman untuk dioleskan karena di dalamnya tidak ada kandungan zat berbahaya bila dikonsumsi manusia.

Ketika Anda akan membuka bisnis es krim pastinya ice cream machine menjadi alat yang wajib untuk dimiliki. Permasalahan mesin ice cream yang sangat mudah mengalami kerusakan sering menjadi kendala pada bisnis Anda. Oleh karena itu, Anda wajib melakukan perawatan pada mesin ice cream tersebut agar tidak akan mudah rusak dan awet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *